Logopit-1595379189656

HIPPA Desa Singkalanyar Laksanakan Pembangunan tata Guna Air Irigasi

 



Kegiatan pembangunan infrastruktur Tata Guna Air Irigasi di Kawasan Pertanian Desa Singkalanyar



Nganjuk,Duta Warta News - Salah satu desa yang sedang melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Tingkat Balai Wilayah Sungai Jawa Timur ,Desa Singkalayar Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.Minggu(20/09/2020).


Dalam Rangka Mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Khususnya Masyarakat Petani di Wilayah Pedesaan, Maka Pemerintah Melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) ini dengan harapan dapat memacu dan menumbuhkan partisipasi masyarakat petani.


Dalam Kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhannya,yakni melakukan kegiatan pembuatan saluran air untuk hamparan 20 H.


Saat ditemui ,Suwanto selaku ketua HIPPA (Himpunan Petani Pengguna Air) menyampaikan bahwa mengenai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi , Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A),sedang membangun saluran air dengan nilai kontrak fisik sebesar Rp.195.000.000,.



Ditambahkan oleh Suwanto , adapun tujuan dari pelaksanaan Program P3-TGAI Sendiri adalah Untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi kecil, irigasi desa dan Irigasi tersier,"jelasnya.


Disinggung tentang keterlibatan para petani,Suwanto dengan diplomasinya , petani dapat lebih sejahtera, di luar itu juga dapat menambah pendapatan dari masyarakat atau petani dengan adanya Padat Karya Tunai(PKT),"paparnya.



Kegitan yang sedang dibangun ini sekitar 80 persen dari semua pembangunan nantinya.


Suwanto menyampaikan  tujuan pelaksanaan pembangunan jaringan irigasi akan  dicapai tetap menggunakan  prinsip prinsip dan pendekatan program P3-TGAI yaitu Partisipatif, Transparansi, Akuntabilitas,"ungkapnya.


Lebih lanjut ungkap Suwanto ,untuk kegiatan pembangunan infrastruktur berupa irigasi kecil akan selesai sesuai jadwal yang ditentukan dan sesuai harapan masyarakat petani sekitar.(Red/Djul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama