Logopit-1595379189656

Prayogo : Sebagai Wartawan Wajib Menyajikan Pemberitaan Yang Up-to-date

Prayogo Laksono,SH,MH saat menghadiri Rakor FKPRM di Hotel Nirwana, Magetan (25-26/09/2020)


Nganjuk,DutaWarta News - Oleh oleh wawancara khusus dengan Prayogo Laksono, SH,MH saat menghadiri Forum Komunikasi Pemimpin Redaksi Media (FKPRM) Jawa Timur di Aula hotel Nirwana Sarangan, Kabupaten Magetan.Hari Jumat &Sabtu(25-26/09/2020).


Prayogo Laksono ,SH,MH  berprofesi sebagai Lawyer & Penasehat hukum dan  pimpinan Perusahaan PT.Media Bersama Indonesia yang membawahi Media cetak dan online Radar Merah Putih dan juga Media  Duta Warta News.


Prayogo menghadiri  Rapat Koordinasi (Rakor)  FKPRM Jatim dua hari yang lalu menyampaikan  pandangan tentang manajemen Perusahaan Pers dan juga wartawannya.


Sebagai amanat UU No 40/1999 Tentang Pers , Prayogo menyampaikan norma Pasal 7 ayat 1 bahwa Wartawan bebas memilih organisasi wartawan,"


Bahwa wartawan dalam memilih komunitas atau organisasi bebas tanpa tekanan dari manapun ,termasuk dalam memilih perusahaan pers itu sendiri," jelasnya.


 Masih kata Prayogo, dalam Pasal 7 ayat 2 bahwa wartawan memiliki dan mentaati kode etik jurnalistik ,sebagai pedoman profesi jurnalistik,artinya dalam menjalankan jurnalistik tetap berpedoman pada kode etik jurnalistik yang sudah disepakatinya oleh organisasi wartawan ,"jelasnya rinci.


Lebih lanjut,Prayogo menjelaskan bahwa  Saat ini sudah ada UKW dan  Perusahaan Pers  serta Perlindungan hukum bagi wartawan,bilamana adanya intimidasi atas karya tulis dalam peliputannya," tandasnya.


Kehadirannya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut,Prayogo mengharapkan bahwa FKPRM perlu adanya kepengurusan yang kuat dan  agar kinerja  wartawan profesional dan independen,"pungkasnya.


 Disampaikan pula oleh Prayogo ,ketua FKPRM Jatim,Agung Santoso juga hadir memberikan penjelasan atas kiprahnya di dunia jurnalistik Jawa timur.


Di masa pandemi Covid-19 , seluruh pimpinan redaksi dan perusahaan pers tetap mengedepankan protokol kesehatan,pakai masker ,cuci tangan dan jaga jarak.


Prayogo Laksono menyampaikan pula bahwa UU No 40/1999 tentang Pers Pasal 8 yang menyatakan"Dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapat perlindungan hukum,"jelasnya.(Red/Djul)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama